Thursday, April 9, 2020

Mesin Teknologi Terbesar Overburden Conveyor Bridge F60

F60 adalah seri penunjukan lima jembatan overburden conveyor yang digunakan dalam penambangan opencast batubara coklat (lignit) di ladang batubara Lusatian di Jerman. Mereka dibangun oleh mantan Volkseigener Betrieb TAKRAF di Lauchhammer dan merupakan mesin industri teknis bergerak terbesar di dunia. Sebagai jembatan overburden conveyor, mereka mengangkut overburden yang terletak di atas lapisan batubara. Ketinggian pemotongan adalah 60 m (200 kaki), karenanya nama F60. Secara total, G60 mencapai tinggi 80 m (260 kaki) dan lebar 240 m (790 kaki); dengan panjang 502 m (1.647 kaki), digambarkan sebagai menara Eiffel yang terbentang membuat raksasa ini tidak hanya kendaraan terpanjang yang pernah dibuat - mengalahkan Raksasa Laut - tetapi kendaraan terbesar dengan dimensi fisik yang pernah dibuat oleh umat manusia.

Dalam kondisi operasi, beratnya 13.600 metrik ton menjadikan F60 salah satu kendaraan darat terberat yang pernah dibuat, hanya dikalahkan oleh Bagger 293 yang merupakan Excavator roda Bucket raksasa. Jembatan konveyor pertama dibangun dari tahun 1969 hingga 1972, dilengkapi dengan jembatan pengumpan pada tahun 1977. Jembatan kedua dibangun dari 1972 hingga 1974, telah dilengkapi dengan jembatan pengumpan selama konstruksi. Jembatan konveyor ketiga dibangun dari 1976 hingga 1978, dilengkapi dengan jembatan pengumpan pada tahun 1985. Jembatan konveyor keempat dan kelima dibangun masing-masing tahun 1986–1988 dan 1988–1991.

Masih ada empat F60 yang beroperasi di ladang batubara Lusatian hari ini: [kapan?] Di tambang pembuka batu bara cokelat di Jänschwalde (Brandenburg, dekat Pembangkit Listrik Jänschwalde), Welzow-Süd (Brandenburg, dekat Pembangkit Listrik Schwarze Pumpe), Nochten dan Reichwalde (Saxony, keduanya dekat Pembangkit Listrik Boxberg). F60 kelima, yang terakhir dibangun, berada di Lichterfeld-Schacksdorf dan dapat diakses oleh pengunjung.

Teknologi


F60 memiliki dua bogies, satu di sisi dumping (depan) dan satu di sisi gali (belakang), yang masing-masing dijalankan di dua rel (1.435 mm atau 4 kaki 8 1⁄2 dalam ukuran standar). Selain dua rel di sisi penggalian, ada dua rel lainnya untuk transformator dan kereta gantung. Ada total 760 roda pada bogies, di mana 380 didukung. Kecepatan maksimum F60 adalah 13 m / min (0,78 km / jam) dan kecepatan operasi 9 m / min (0,54 km / jam).

F60 memiliki dua ekskavator tipe ES 3750 di sisi untuk melakukan pekerjaan persiapan (lihat foto panorama dari tambang Jänschwalde), masing-masing di konveyor melintang utara dan selatan. Mereka masing-masing memiliki output 29.000 m3 / jam (38.000 cuyd / jam) (26.448 t / jam atau 26.030 ton panjang / jam atau 29.154 ton / jam pendek), yang sesuai dengan volume ukuran lapangan sepak bola dengan kedalaman 7–8 m (23–26 kaki). Ada sembilan berbagai ban berjalan dengan kecepatan 10 m / menit (0,60 km / jam).

F60, termasuk dua excavator, membutuhkan daya 27.000 kW (36.000 hp). Jembatan membutuhkan 1,2 kWh (4,3 MJ; 4,100 BTU) listrik untuk mengangkut satu meter kubik (35 cu ft) lapisan penutup, mulai dari conveyor yang melintang hingga dumping pada ketinggian 75 m (246 kaki).

Lichterfeld F60


Jembatan pengangkut overburden dari Lichterfeld-Schacksdorf, sekarang ditutup, digunakan dari tahun 1991 hingga 1992 di tambang batubara coklat Klettwitz-Nord dekat Klettwitz. Terbuka untuk pengunjung hari ini sebagai proyek International Bauausstellung Fürst-Pückler-Land (Pameran Pertambangan Internasional Fürst-Pückler-Land) dan merupakan jangkar dari Rute Eropa Warisan Industri (ERIH).

F60 ini adalah yang terakhir dari lima F60. Instalasi dilakukan antara 1988 dan 1991 di tambang opencast Klettwitz-Nord. F60 mulai beroperasi pada Maret 1991. Antara komisi dan penutupannya pada Juni 1992, F60 memindahkan sekitar 27.000 km3 (6.500 cu mi) lapisan penutup. Setelah penyatuan kembali Jerman, tambang menjadi tanggung jawab Lausitzer und Mitteldeutsche Bergbau-Verwaltungsgesellschaft (LMBV), yang menutup tambang atas perintah pemerintah federal Jerman dan merenovasinya secara ekonomi dan dalam cara tidak berbahaya bagi lingkungan.

Antara tahun 2000 dan 2010, International Bauausstellung Fürst-Pückler-Land sedang mengejar tujuan untuk memberikan momentum baru ke wilayah tersebut dan bekas tambang operasional Klettwitz-Nord juga telah diintegrasikan ke dalam konsep itu. Tambang ini telah dikonversi menjadi tambang 'pengunjung' dan jembatan pengangkut telah diakses sejak tahun 1998. Berbagai instalasi suara dan cahaya membantu menjadikan fasilitas ini menjadi daya tarik bagi pengunjung.

No comments:

Post a Comment